TOOLS DAN CARA MENGETAHUI IP

4 03 2013

1. CARI CARA/TOOLS UNTUK MENGETAHUI:

A. IP Komputer Sendiri

B. IP Komputer Lain

C. Lokasi/Daerah Berdasarkan IP  Yang Di gunakan

D. Hide IP

E. Numpang IP Lain

F. Ping Ke Komputer Lain

Jawab:

Tools Dan Cara Mengetahui

 A. IP Komputer Sendiri

Untuk mengetahui IP address komputer banyak sekali cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan menggunakan command prompt, melalui status local area connection atau menggunakan tool pihak ketiga lainnya. Kali ini gue akan membahas tips trik windows untukmengetahui IP address komputer dengan cepat dan mudahtanpa menggunakan tool pihak ketiga. Tool windows yang kita gunakan untuk mengetahui IP address adalah command promptTips trik komputer ini bukan merupakan tips trik baru. Namun karena kebetulan ada teman yang menanyakan jadi saya bahas aja pada artikel kali ini. He..he..

Biar ga terlalu banyak basa basi, langsung aja saya berikan langkah-langkahnya:

  1. Seperti pada kebanyakan tips trik komputer dan windows yang saya posting, pertama yang kita lakukan adalah membuka kotak dialog Run dengan mengklik menu start >> Run.
  2. Kemudian ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka command prompt.
  3. Pada jendela command prompt ketik “ipconfig” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  4. Setelah itu akan muncul IP address komputer Anda disertai Subnetmask, Gateway dan DNS server yang Anda gunakan.

Cukup mudah bukan? Namun, jika Anda berada pada suatu jaringan LAN dan Anda menggunakan koneksi internet yang merupakan hasil sharing dari komputer lain, maka Anda hanya akan menerima IP Address, Subnet, DNS Server dan Gateway jaringan lokal. Anda tidak akan bisa mengetahui IP, Subnet, DNS, dan Gateway dari Internet Service Provider (ISP) Anda. Tapi jangan khawatir masih ada cara lain kok. Anda cukup menambahkan parameter lain dari command yang Anda ketik pada CMD yaitu parameter “/all” (tanpa tanda kutip). Jadi perintah lengkapnya adalah “ipconfig /all”.
Demikian tips trik windows singkat untuk mengetahui IP address yang bisa saya berikan semoga membantu. Selamat Mencoba!

Atau Dengan cara ini

Beberapa waktu yang lalu blog BismillahGratis ini memposting artikel tentang cara mengetahui IP Address. Pada artikel tersebut kita bisa mengetahui ip address komputer, DNS, dan Gateway dari Internet Service Provider kita secara lengkap. Tool yang kita gunakan Command Prompt dengan hanya mengetikkan perintah “ipconfig /all”.
Kali ini, saya mempunyai sebuah tips dan trik lagi untuk mengetahui IP Address komputer kita dan tool yang digunakan masih sama yaitu CMD. Namun yang berbeda adalah perintahnya. Dengan CMD kita akan memanggil fungsi dari aplikasi Netsh.exe. Netsh.exe adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengetahui pengaturan TCP/IP dari komputer kita. Selain itu, Netsh.exe juga bisa kita gunakan untuk mengkonfigurasi TCP/IP dari LAN card kita. Namun pada kesempatan ini yang saya bahas hanya cara mengetahui konfigurasi IP Address, Subnet Mask dan Gateway dari komputer kita. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Seperti pada tips komputer terdahulu yang Anda buka pertama adalah command Prompt.
  2. Caranya adalah dengan klik Start >> Run. Ketik CMD dan tekan Enter.
  3. Pada command prompt, ketik “netsh interface ip show config” dan tekan tombol Enter.
  4. Jika, Local Area Network (LAN) Card Anda telah terkonfigurasi atau terhubung ke LAN maka akan muncul hasil seperti dibawah:
  • Configuration for interface “Local Area Connection”
  • DHCP enabled: No
  • IP Address: 192.168.0.10
  • SubnetMask: 255.255.255.0
  • Default Gateway: 192.168.0.1
  • GatewayMetric: 0
  • InterfaceMetric: 0
  • Statically Configured DNS Servers: 192.168.0.1
  • Statically Configured WINS Servers: None
  • Register with which suffix: Primary Only

Sampai disini semuanya telah selesai. Cukup mudah bukan? Hasil perintah tadi mungkin berbeda pada komputer Anda. Hal ini tergantung dari konfigurasi TCP/IP komputer Anda.
Demikian tips trik windows singkat untuk mengetahui IP Address komputer.

Selamat mencoba.

B. IP Komputer Lain

Tutorial ini digunakan untuk mengetahui IP lawan dengan cara chat di FaceBook.
Hal ini bermanfaat untuk mengidentifikasi lawan melalui media Social Engineering.

Ada beberapa yang perlu disiapkan yaitu:

  1. Sebuah SERVER HOSTING yang bisa dipakai untuk menyimpan file logger.
  2. Sebuah LINK content / halaman menarik yang dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian lawan.
  3. FILE LOGGER itu sendiri.

Instalasi FILE LOGGER kedalam CONTENT:

  1. Bikin sebuah artikel yang indah & menarik, sehingga akan banyak orang yang akan melihat.
  2. Kemudian buatlah file HTML, misalkan simpan difile: “galau.html“.
  3. Pada sela-sela code html tersebut, masukkanlah / inject code logger kedalam source htmlnya.
  4. Sesuaikan / edit alamat email untuk pengiriman hasil IP target di dalam code loggernya.
  5.  Kemudian upload file tersebut ke server hosting.
  6. Pastikan serverhosting memiliki kemampuan  pengiriman email seperti: SMTP / POP3
  7. Nanti file tersebut dibuka dengan: http://www.situsanda.com/galau.html

Cara yang dipakai disini adalah:

  1. Berusaha chatting dengan lembut dan baik dengan lawan chatting kita.
  2. Kemudian rayulah lawan untuk dapat meng-klik LINK yang sudah kita berikan tadi.
  3. Konfirmasikan ke lawan apakah sudah membaca link dengan cara menanyakan apa isi linknya.
  4. Link yang anda kirimkan adalah link logger yang tadi yaitu http://www.situsanda.com/galau.html

Setelah dapat dipastikan bahwa lawan kita sudah melihat link tersebut.

– See more at: http://www.binushacker.net/cara-mengetahui-ip-lawan-via-chatting-facebook.html#sthash.XaaG07E4.dpuf

C. Lokasi berdasarkan IP yg digunakan

Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address

Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address – Artikel kali ini adalah sebuah artikel yang saya buat dikarenakan adanya pertanyaan mengenai artikel saya sebelumnya yang bertemakan Sembunyikan IP Dengan Real Hide IP.Ada salah seorang pengunjung bagaimana Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address ?? Dikarenakan saya sedang tidak berada didepan laptop saya tidak bisa memberikan petunjuk yang jela,dan akhirnya saya membuat artikel saya yang ini.

Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address ini sebenanrnya digunakan untuk orang yang ingin mengetahui dimana letak IP Address yang dicari.Melacak Lokasi Suatu IP Addresssebenarnya gampang tidak terlalu susah,sebenarnya teman – teman dapat mencari dari pencarian google dengan kata kunci Cara Melacak IP Address namun saya langsung membuatkan saja mengenai bagaimana Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address.

Mari kita lihat beberapa tools yang sering saya gunakan dalam mencari Lokasi suatu IP Address :

Cara Mengecek Lokasi Suatu IP Address

Berikut ini adalah 2 tools online yang sering saya gunakan untuk melakukan tracert IP yang mencurigakan kepada blog saya :

Disana teman – teman tinggal memasukan alamat IP Address yang teman – teman ingin trace atau lacak dimana lokasinya IP Address tersebut.Bagaimana ?? Mudah bukan ?? Teman – teman sekarang bisa tau darimana saja IP Address tersebut berasal.

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai bagaimana Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address,semoga dengan adanya informasi sederhana yang saya berikan ini dapatMelacak Lokasi Suatu IP Address yang ingin teman – teman cari keberadaannya.

Sekian dulu informasi sederhana saya dan silahkan teman – teman mencobanya sendiri dalam melakukan sebuah tracert atau pelacakan.Sekaian informasi sederhana saya mengenai bagaimana Cara Melacak Lokasi Suatu IP Address.

D. Hide IP

Memang banyak cara menuju roma untuk menghindari blok situs pada komputer dari mengganti proxy menggunakan web online proxy tapi ternyata dari cara tersebut sudah sering diketahui dari kebanyakan. Jadi bagaimana kita menyembunyikan IP dan aman menjelajahi web secara anonim? saya akan mengatakan VPN mungkin adalah solusi terbaik dan utama untuk melewati sensor internet dengan cara yang aman.

VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site  secara aman. Perlu penerapan teknologi  tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic  (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic  yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

Mungkin, yang paling populer di antara semua penyedia VPN bebas adalah Hotspot Shield adalah OpenVPN berbasis privasi dan alat keamanan, digunakan untuk mengenkripsi browsing web anda ketika di hotspot publik dan untuk menghindari filter web.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya.

Download Hotspot Shield dan kemudian menginstal paket tersebut. Jadi, jika Anda menggunakan layanan VPN, anda dapat mengunjungi situs-situs yang telah di filter sama halnya ketika anda berada dalam jaringan terbatas atau disensor dan menggunakan VPN untuk terhubung ke jaringan tersebut. Beberapa layanan VPN populer dan gratis yang dapat membantu anda menjelajahi web sebebas mungkin tanpa khawatir tentang privasi dan masalah sensor.

Pastikan saat melakukan instalasi anda terkoneksi dengan internet seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Setelah selesai download tersebut lakukan instalasi pada bagian instalasi pada gambar dibawah ini anda bisa melakukan pengaturan yang ingin anda gunakan.

Klik Next dan jika ada jendela yang menandakan klik install setelah selesai anda akan melihat pada icon di taskbar

Klik kanan pada ikon program di taskbar untuk mengaktifkan koneksi VPN aktif atau nonaktif. Tidak perlu mendaftar atau membayar untuk layanan tersebut, tetapi Anda akan menerima iklan dan kadang-kadang terpaksa URL diredirect.

E. Numpang IP Lain

Tutorial ini sangat mudah, kita hanya membutuhkan aplikasi netcut untuk menumpang IP client yang sudah terhubung ke Wi-Fi (Wireless Fidelity). Lho kok cuma numpang?, kalo pengen full gratisannya, bayar donk ke yang punya WiFi. Tapi tenang saja, biarpun numpang tapi kita masih dapat mengakalinya agar koneksi internet kita lancar. Nah, langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

1. Download netcut disini, kemudian install.

2. Setelah proses instalasi selesai, koneksikan PC kita ke Wi-Fi (hotspot) target (securitynya mikrotik). Kalau sudah konek, kita akan mendapatkan IP Address, berbeda dengan hotspot yang keamannya wep atau wpa.

3. Lihat juga DNS Server kita. Caranya, masukkan perintah “ipconfig/all” (tanpa tanda petik) di Command Prompt (cmd).

4. Buka browser kesayangan anda, masukkan url terserah, anda akan dialihkan ke halaman login, kurang lebih seperti pada gambar.

5. Untuk membypass login tersebut, buka program netcut, kemudian klik Choice NetCard dan pilih Wireless Network Adapter anda. Pada contoh, netwok adapter yang aku gunakan Atheros AR5B97.

6. Pada halaman utama netcut, tertera daftar IP client yang terkoneksi ke jaringan wi-fi, beserta host name dan MAC Address (Physical Address). Pilih IP target, yang jelas bukan IP kita dan bukan IP Server (GateWay IP).

7. Copy IP target beserta MAC Addressnya di notepad, untuk memudahkan klik tab Print Table.

Misal, pada contoh IP target 10.10.1.57 dengan MAC Address 88:C6:63:A7:24:0E, aku pilih yang nggak ada host name nya karena biasanya korban menggunakan HP. Jadi kalau korban menggunakan HP pasti dia tidak menghabiskan bandwith.

8. Setelah itu, disconnect dulu. Ubah MAC Address kita sama seperti MAC Address target. Ingat, beda network adapter beda Property, pokoknya pada intinya pilih yang berbau Adrress, MAC dan Network. Pada contoh nama propertynya Network Address.

Untuk mengubah MAC Address dapat juga menggunakan Technitium MAC Address Changer.

9. Ubah juga IP Address kita sama seperti IP target, serta ubah DNS Server Address. Untuk mengisi DNS Server, lihat point 3.

10. Setelah IP dan MAC Address kita sudah sama seperti IP target, koneksikan kembali PC kita ke Wi-Fi tujuan dan tunggu sampai konek.

11. Happy browsing.

 

F.Ping ke komputer lain

PING

Apa itu test Ping? Bagaimana melakukan Test Ping dari PC saya?

Test Ping adalah metode untuk melakukan tes koneksi dengan Command Prompt (Windows) untuk mengetahui kualitas koneksi jaringan dari PC anda ke jaringan ditempat lain yang telah terhubung ke PC anda baik itu melalui jaringan lokal (intranet) ataupun jaringan luas (internet).

Cara melakukan test ping dari PC anda:

  1. Buka Command Prompt, Start -> Program -> Accessories -> Command Prompt atau dengan mengetik cmd dari RUN.
  2. Pada Command Prompt ketik perintah ping ip address parameter (parameter diberikan sesuai keperluan). Misalnya perintah ping 203.84.136.33 -n 100
    Tambahan parameter -n 100 yang akan menghasilkan reply sebanyak 100 kali.
    Sebagai tambahan, parameter adalah aksesori kelengkapan perintah dari suatu perintah utama. Dalam pembahasan ini, ping mempunyai banyak parameter, diantaranya adalah -t (terus menerus), -n angka (ditentukan berdasarkan angka) dll.
  3. Jika koneksi lancar dan tidak ada gangguan maka akan muncul pesan reply
  4. Jika koneksi terputus atau ada masalah maka akan muncul pesan “Request Timed Out”.
  5. Anda juga bisa melakukan test ping langsung ke domain name (tanpa perlu mengetikkan ip addressnya) , contoh “ping yahoo.com”.

 

PERJALANAN PING

Pada contoh ini, seorang user di Host A melakukan ping ke alamat IP Host B. Mari kita cermati langkah demi langkah perjalanan datanya :

  1. Internet Control Message Protocol (ICMP) menciptakan sebuah payload (data) pemintaan echo (di mana isinya hanya abjad di field data).
  2. ICMP menyerahkan payload tersebut ke Internet Protocol (IP), yang lalu menciptakan sebuah paket. Paling sedikit, paket ini berisi : sebuah alamat asal IP, sebuah alamat tujuan IP, dan sebuah field protocol dengan nilai 01h (ingat bahwa Cisco suka menggunakan 0x di depan karakter heksadesimal , jadi di router mungkin terlihat seperti 0×01). Semua itu memberitahukan kepada host penerima tentang kepada siapa host penerima harus menyerahkan payload ketika network tujuan telah dicapai – pada contoh ini host menyerahkan payload kepada protocol ICMP.
  3. Setelah paket dibuat, IP akan menentukan apakah alamat IP tujuan ada di network local atau network remote.
  4. Karena IP menentukan bahwa ini adalah permintaan untuk network remote, maka paket perlu dikirimkan ke default gateway agar paket dapat di route ke network remote. Registry di Windows dibaca untuk mencari default gateway yang telah dikonfigurasi.
  5. Default gateway dari host 192.168.0.7 (Host A) dikonfigurasi ke 192.168.0.1. Untuk dapat mengirimkan paket ini ke default gateway, harus diketahui dulu alamat hardware dari interface Ethernet 0 dari router (yang dikonfigurasi dengan alamat IP 192.168.0.1 tersebut) Mengapa demikian? Agar paket dapat diserahkan ke layer data link, lalu di-enkapsulasi menjadi frame, dan dikirimkan ke interface router yang terhubung ke network 192.168.0.0. Host berkomunikasi hanya dengan alamat hardware pada LAN local. Penting untuk memahami bahwa Host A, agar dapat berkomunikasi dengan Host B, harus mengirimkan paket ke alamat MAC (alamat hardware Network adapter (LAN Card) dari default gateway di network local.
  6. Setelah itu, cache ARP dicek untuk melihat apakah alamat IP dari default gateway sudah pernah di resolved (diterjemahkan) ke sebuah alamat hardware:
    Jika sudah, paket akan diserahkan ke layer data link untuk dijadikan frame (alamat hardaware dari host tujuan diserahkan bersama tersebut).
    Jika alamat hardware tidak tersedia di cache ARP dari host, sebuah broadcast ARP akan dikirimkan ke network local untuk mencari alamat hardware dari 192.168.0.1. Router melakukan respon pada permintaan tersebut dan menyerahkan alamat hardware dari Ethernet 0, dan host akan menyimpan (cache) alamat ini. Router juga akan melakukan cache alamat hardware dari host A di cache ARP nya.
  7. Setelah paket dan alamat hardware tujuan diserahkan ke layer data link, maka driver LAN akan digunakan untuk menyediakan akses media melalui jenis LAN yang digunakan (pada contoh ini adalah Ethernet). Sebuah frame dibuat, dienkapsulasi dengan informasi pengendali. Di dalam frame ini alamat hardware dari host asal dan tujuan, dalam kasus ini juga ditambah dengan field EtherType yang menggambarkan protocol layer network apa yang menyerahkan paket tersebut ke layer data link- dalam kasus ini, protocol itu adalah IP. Pada akhir dari frame itu terdapat sebuah field bernama Frame Check Sequence (FCS) yang menjadi tempat penyimpanan dari hasil perhitungan Cyclic Redundancy Check (CRC).
  8. Setelah frame selesai dibuat, frame tersebut diserahkan ke layer Physical untuk ditempatkan di media fisik ( pada contoh ini adalah kabel twisted-pair) dalam bentuk bit-bit, yang dikirim saru per satu.
  9. Semua alat di collision domain menerima bit-bit ini dan membuat frame dari bit-bit ini. Mereka masing-masing melakukan CRC dan mengecek jawaban di field FCS. Jika jawabannya tidak cocok, frame akan dibuang.
    Jika CRC cocok, maka alamat hardware tujuan akan di cek untuk melihat apakah alamat tersebut cocok juga (pada contoh ini, dicek apakah cocok dengan interface Ethernet 0 dari router).
    Jika alamat hardware cocok, maka field Ether-Type dicek untuk mencari protocol yang digunakan di layer Network dengan cara :
  10. Paket ditarik dari frame, dan apa yang tertinggal di frame akan dibuang. Paket lalu diserahkan ke protocol yang tercatat di field Ether-Type—pada contoh ini adalah IP.
  11. IP menerima paket dan mengecek alamat tujuan IP. Karena alamat tujuan dari paket tidak sesuai dengan semua alamat yang dikonfigurasi di router penerima itu sendiri, maka router penerima akan melihat pada alamat IP network tujuan di routing tablenya.
    Routing table harus memiliki sebuah entri di network 192.168.10.0, jika tidak paket akan dibuang dengan segera dan sebuah pesan ICMP akan dikirimkan kembali ke alamat pengirim dengan sebuah pesan “destination network unreachable” (network tujuan tidak tercapai)
    Jika router menemukan sebuah entri untuk network tujuan di tabelnya, paket akan dialihkan ke interface keluar (exit interface)—pada contoh, interface keluar ini adalah interface Ethernet 1.
  12. Router akan melakuakan pengalihan paket ke buffer Ethernet 1.
    Buffer Ethernet 1 perlu mengetahui alamat hardware dari host tujuan dan pertama kali ia akan mengecek cache ARP-nya.
  13. Jika alamat hardware dari Host B sudah ditemukan, paket dan alamat hardware tersebut akan diserahkan ke layer data link untuk dibuat menjadi frame.
  14. Jika alamat hardware tidak pernah diterjemahkan atau di resolved oleh ARP (sehingga tidak dicatat di cache ARP), router akan mengirimkan sebuah permintaan ARP keluar dari interface E1 untuk alamat hardware 192.168.10.3.

Host B melakukan respond dengan alamat hardwarenya, dan paket beserta alamat hardware tujuan akan dikirimkan ke layer data link untuk dijadikan frame.

  1. Layer data link membuat sebuah frame dengan alamat hardware tujuan dan asal , field Ether-Type, dan field FCS di akhir dari frame. Frame diserahkan ke layer Physical untuk dikirimkan keluar pada medium fisik dalam bentuk bit yang dikirimkan satu per satu.
  2. Host B menerima frame dan segera melakuakan CRC. Jika hasil CRC sesuai dengan apa yang ada di field FCS, maka alamat hardware tujuan akan dicek. Jika alamat host juga cocok, field Ether-Type akan di cek untuk menentukan protocol yang akan diserahi paket tersebut di layer Network—Pada contoh ini, protocol tersebut adalah IP.

Actions

Information

One response

13 02 2014
MUHAMMAD KHAIDIR ADAM

thanks br0o
sangat membantu trimss banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: